• SMK LETRIS INDONESIA 2
  • Mencetak Generasi Bangsa Dengan Keahlian dan Spiritual

Mengenal jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan serta keilmuan menjadi seorang marketing, dimana siswa akan mempelajari ilmu dasar marketing, pengadministrasian barang , bisnis retail , serta kemampun praktik penjualan

Bisnis daring dan pemasaran merupakan kompetensi yang diperkenalkan semenjak perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013. perubahan ini membuat stigma pemasaran yang selama ini lebih fokus pada bidang bisnis retail dan penjualan masuk kedalam bidang baru yaitu bisnis daring yang saat ini menjadi perhatian pemerintah bahkan dunia

Tujuan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

  1. Menguasai ilmu marketing ketika lulus.
  2. Bersikap profesional dalam menggunakan segala aspek yang ada dalam dunia bisnis.
  3. Bersaing secara sportif dan mampu mengembangkan ilmu yang telah dipelajari.
  4. Kreatif dalam berinovasi.
  5. Produktif dalam mengembangkan usaha.
  6. Mampu melakukan pemasaran.
  7. Mampu bernegosiasi (tawar - menawar) dengan pelanggan.
  8. Memahami secara lengkap prinsip dalam berbisnis.
  9. Mampu menggunakan alat - alat untuk memasarkan produk.
  10. Menerapkan 3K (kesehatan, dan keselamatan kerja).
  11. Mengatur administrasi.
  12. Melakukan pelayanan.
  13. Menemukan peluang baru dari pelanggan.
  14. Mampu bekerja sendiri maupun sebagai tim.
 

Keuntungan dan Kekurangan

Keuntungan :
- memiliki banyak peluang usaha
- memiliki kesempatan untuk menjadi bos
- dapat membantu masyarakat secara nyata
- memiliki penghasilan yang besar ketika usahanya berhasil
- waktu dan tempat pelaksanaanya flexibel bisa dimana saja
 
Kekurangan :
- penghasilan tidak pasti karena bergantung pada kebutuhan pelanggan
- belum tentu berhasil walau bekerja keras
- bertanggung jawab besar pada keputusan yang diambil dalam mengembangkan usahanya
- sulit jika harus membangun dari nol
- membutukan banyak saluran
 

Apa aja sih Peluang Atau Prospek Kerja BDP ?

1.Sales Executive
Karena mempelajari bidang pemasaran, prospek kerja yang peluangnya paling besar
untuk para lulusan manajemen pemasaran adalah menjadi sales executive. Pekerjaan
ini juga selalu dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan
pasti membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya.

2. Marketing Analysis
Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan
data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya
bekerja di perusahaan konsultan.


3. Social Media Marketing
Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru
untuk lulusan manajemen pemasaran, salah satunya yaitu social media marketing.
Seorang social media marketing bertugas untuk memasarkan produk atau jasa
menggunakan pendekatan social media.

4. Digital Marketing Staff
Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa
secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih
banyak lagi sebagai media pemasarannya.


5. Supervisor Pemasaran
Seorang supervisor pemasaran bertugas untuk membantu perusahaan dalam
mengidentifikasi, mengembangkan, serta menerapkan strategi-strategi baru yang bisa
membuat pemasaran produk atau jasa lebih meningkat lagi,


6. Event Planner
Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah event organizer atau EO. Dalam EO,
akan banyak orang-orang yang bekerja sebagai event planner untuk merancang sebuah
event, salah satu kunci event tersebut berhasil adalah promosi yang baik. Seorang
lulusan manajemen pemasaran merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi ini.

7. Staff Advertising
Peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran selanjutnya adalah staff advertising.
Perusahaan advertising bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan
suatu produk atau perusahaan agar produk perusahaan tersebut bisa dikenal banyak
orang.

8. Public Relation
Public relation akan selalu dibutuhkan di setiap perusahaan untuk mengkomunikasikan
segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dengan dunia luar. Seorang public
relation harus memiliki komunikasi dan teknik persuasi yang baik, ini merupakan bidang
yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran.

9. Admin Marketing
Admin marketing bertugas membantu para staff marketing dalam menyusun dan
mengorganisir berbagai hasil penjualan dan kebutuhan-kebutuhan klien.


10. Wiraswasta
Dengan ilmu pemasaran yang Kamu miliki, Kamu tentu bisa membuka bisnis sendiri dan
menjalankan bisnis tersebut.

Halaman Lainnya
Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )

Mengenal Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) Siapa yang merasa kurang paham dan sering bertanya apa itu RPL? Ada yang mengira jurusan ini sama dengan TKJ padahal sudah jelas jurusa

14/05/2020 16:23 WIB - Admini Pusat
Perbankan Syariah

Mengenal Jurusan Perbankan Syariah SMK dan Peluang Kerjanya   Sistem perbankan syariah di Indonesia kini tengah berkembang pesat seiring dengan maju dan meningkatnya

04/03/2020 19:47 WIB - Admini Pusat
Mengenal Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Jurusan OTKP mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran denga

04/03/2020 19:43 WIB - Admini Pusat
Mengenal jurusan Akuntansi

Akuntansi itu adalah sebuah jurusan yang sangat berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. hampir setiap hari kalian akan dihadapkan dengan pelajaran hitung menghitung. jika kalian

04/03/2020 19:40 WIB - Admini Pusat
Mengenal jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Ada banyak hal yang bisa Kamu pelajari jika Kamu mengambil jurusan TKJ alias Teknik Komputer Jaringan di SMK. Tidak hanya perihal komputer dan komponennya saja, Kamu juga akan diaj

04/03/2020 19:26 WIB - Admini Pusat