• SMK LETRIS INDONESIA 2
  • Mencetak Generasi Bangsa Dengan Keahlian dan Spiritual

Mengenal Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Jurusan OTKP mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.

   Pemaparan singkat di atas, dapat menjadi salah satu alasan mengapa memilik sekolah di SMK jurusan Otomatisasi Perkantoran. Selain di desain untuk siap kerja ketika lulus, juga dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Seperti sembohyannya “SMK BISA!”.

   Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Padakembang yang memberikan bekal tentang berbagai informasi layanan dibidang administrasi  baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Keunggulan Jurusan OTKP, siswa dapat memiliki keterampilan yang tidak dipelajari di jurusan lain. Antara mendapat pembelajaran sebagai bekal keterampilan, seperti:

  1. Kemampuan mengetik 10 jari buta, sehingga siswa akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jurusan OTKP, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.
  2. Kemampuan menguasai administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar.
  3. Kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan.
  4. Keterampilan table manner, di mana pada jurusan ini siswa disiapkan menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja di perusahaan besar.

Apa aja sih Peluang Atau Prospek Kerja OTKP ?

1. Resepsionis
Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran
adalah menjadi resepsionis, terlebih bagi Kamu yang memiliki kemampuan
berkomunikasi yang baik. Kamu bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain-
lain karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan
membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.

2. Sekretaris
Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan administrasi perkantoran
adalah menjadi seorang sekretaris. Tugas utama seorang sekretaris ialah untuk
memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan serta
menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.

3. Staff Administrasi
Peluang kerja berikutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi
perkantoran adalah menjadi staff administrasi. Tugas utama seorang staff administrasi
adalah untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi
untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan. 


4. Guru SMK
Seperti yang diketahui bahwa pada SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan biasanya
akan ada jurusan administrasi perkantoran. Jurusan administrasi perkantoran juga saat
ini menjadi salah satu jurusan yang banyak dibuka di tingkat SMK, sehingga akan
banyak dibutuhkan guru SMK untuk jurusan ini yang memiliki kompetensi dalam bidang
administrasi perkantoran. Kamu sebagai lulusan sarjana administrasi perkantoran dapat
menjadi seorang guru SMK.


5. Asisten Sekretaris
Untuk peluang atau prospek kerja Administrasi Perkantoran berikutnya adalah menjadi
asisten sekretaris. Tidak hanya dapat menjadi sekretaris, Kamu juga bisa menjadi
asisten sekretaris. Sebagai seorang asisten sekretaris, Kamu akan memiliki tugas untuk
menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur
jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.


6. Staff Personalia
Peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi
perkantoran adalah menjadi staff personalia. Jabatan staff personalia berbeda dengan
HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal-hal
seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya.
Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan,
pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

7. Event Organizer
Peluang kerja selanjutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi
perkantoran adalah menjadi event organizer. Saat ini industry event sedang
berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat urban.
Hal ini terlihat dari banyaknya event-event atau kegiatan yang digelar di berbagai lokasi
hampir setiap akhir pekan. Untuk membuat acara lancar dijalankan maka administrasi
perkantoran sangat diperlukan dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi.


8. Staff Operasional Pameran
Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar di setiap akhir pekan adalah event-
event pameran, baik itu pameran mobil, pameran pernikahan, pameran busana,
ataupun pameran-pameran lainnya.
Sebagai lulusan administrasi perkantoran, peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu
lakukan adalah menjadi staff operasional pameran. Dimana Kamu bekerja untuk
menjaga kelancaran acara atau pameran. 


9. Personal Assistant
Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran
adalah sebagai personal assistant. Jasa personal assistant banyak dibutuhkan oleh
orang-orang penting atau yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.
Kamu bisa bekerja pada orang-orang yang membutuhkan personal assistant untuk
membantu pekerjaan atau kegiatannya. Sebagai personal assistant, Kamu akan
mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantu segala hal yang
diperlukannya.


10. Seksi Hubungan Massa
Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh administrasi perkantoran adalah
sebagai seksi hubungan massa. Pekerjaan ini akan membuat Kamu bekerja untuk
menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat Kamu bekerja dengan dunia luar.

Halaman Lainnya
Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )

Mengenal Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) Siapa yang merasa kurang paham dan sering bertanya apa itu RPL? Ada yang mengira jurusan ini sama dengan TKJ padahal sudah jelas jurusa

14/05/2020 16:23 WIB - Admini Pusat
Perbankan Syariah

Mengenal Jurusan Perbankan Syariah SMK dan Peluang Kerjanya   Sistem perbankan syariah di Indonesia kini tengah berkembang pesat seiring dengan maju dan meningkatnya

04/03/2020 19:47 WIB - Admini Pusat
Mengenal jurusan Akuntansi

Akuntansi itu adalah sebuah jurusan yang sangat berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. hampir setiap hari kalian akan dihadapkan dengan pelajaran hitung menghitung. jika kalian

04/03/2020 19:40 WIB - Admini Pusat
Mengenal jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan serta keilmuan menjadi seorang marketing, dimana siswa akan mempelajari ilmu dasar marketin

04/03/2020 19:35 WIB - Admini Pusat
Mengenal jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Ada banyak hal yang bisa Kamu pelajari jika Kamu mengambil jurusan TKJ alias Teknik Komputer Jaringan di SMK. Tidak hanya perihal komputer dan komponennya saja, Kamu juga akan diaj

04/03/2020 19:26 WIB - Admini Pusat