Panduan MPLS Masa Pandemi COVID-19

Posted by: Sani Hilal, S.Kom | 06/07/2021 | Kategori: PPDB | 117 kali dibaca | Rating: 70

Halo sobat letris ! bagaimana kabarnya ? Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru akan segera dimulai namun kondisi penyebaran Covid-19 masih tinggi ya sobat letris sangat disayangkan jadi belum bisa tatap muka, Lebih dari 91% populasi siswa di dunia ini dipengaruhi oleh  penutupan sekolah dampak pandemik COVID 19 (UNESCO). Survei KPAI mengungkapkan bahwa 139 (17,5%) dari 800 orang anak di Indonesia terpapar corona, 80% orang tua siswa menghendaki tetap belajar dari rumah, Maka perlu adanya alternatif dalam pelaksanaan MPLS khusus Siswa Baru.

Sekenario pemerintah dalam pembukaan sekolah hanya pada zona hijau

  1. Memperhatikan protokol kesehatan; diperhitungkan secermat-cermatnya dan tetap selalu berdisiplin menjalankan protokol kesehatan.
  2. Pembuatan SOP KBM, pengawasan dan penerapan sanksi jika peraturan protokol Kesehatan dilanggar.
  3. Inovasi pembelajaran yang inovatif, Kreatif dan peningkatan mutu pembelajaran.
  4. Menyediakan sarana pembelajaran yang menunjang efektivitas blended learning.

Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Koneksivitas Pandemi Covid-19 BELAJAR  DARI RUMAH, MPLS luring dan daring :

  • mengutamakan penghargaan bukan hukuman
  • pendidikan keluarga
  • pengenalan lingkungan sekolah
  • secara daring dan luring

Setelah PPDB selesai siswa baru harus mendapat layanan yang baik terlaksananya MPLS merupakan kunci sukses awal pembelajaran.

Di semua fase, semestinya Stake Holder, kepala sekolah, guru dan orang tua  harus saling menguatkan untuk berkolaborasi mewujudkan pendidikan yang lebih baik di era normal baru sesuai tugas dan fungsi masing-masing

Peran Pendidik pada MPLS new normal

  • memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring, luring, maupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran
  • berkordinasi dengan kepala sekolah dan mereview Materi 
  • menyiapkan penlaian diri guru, dukungan guru, sumber daya, menyusun pembelajaran, dukungan dan umpan balik kepada siswa dan penilaian
  • menyiapkan profil pembelajaran, status dan kebutuhan saat ini, dukungan kelurga

Peran orangtua pada MPLS new normal

  • memastikan mekanisme komunikasi dengan guru dan tenaga pendidik
  • bersama guru merencanakan pembelajaran inkulusif (al. jadwal dan penugasan) sesuai kondiri orang tua dan peserta didik
  • bersama guru mengontrol pembelajaran siswa
  • berkoordinasi dengan guru mengenai penugasan belajar

Skenario Pelaksanaan MPLS 2021

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Daring:

  • Asynchronous Online Courses. Peserta didik tidak harus belajar secara real-time (live). 
  • Synchronous Online Courses. Peserta didik harus mengikuti kelas secara langsung dan dapat berinteraksi di saat yang bersamaan. 
  • Hybrid Courses. Tipe ini merupakan kombinasi kedua tipe di atas. Dilaksanakan selama 3 hari dengan berbagai alternatif

Konsep MPLS 2021/2022

MPLS 2020 mengambil tema “ Menggali kebaikan dan Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah”. Artinya, seluruh kegiatan MPLS diikuti oleh peserta didik dari rumah masing-masing dan dikendalikan dan dievaluasi secara blended (kombinasi luring dan daring) oleh pendidik.

Mekanisme MPLS 2021

  1. Untuk teknik penilaian dalam asesment terstruktur harus sesuai dengan jenis kegiatan, yang terdiri dari: observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, atau angket
  2. Instrumen penilaian yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik saat kegiatan daring dalam berbuat kebaikan dari rumah, seperti: penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dilakukan terhadap portofolio yang menggambarkan unjuk kerja peserta didik, dan penilaian sikap dapat menggunakan teknik penilaian observasi selama kegiatan MPLS daring
  3. Setelah dilakukan penilaian, panitia berkewajiban untuk memberikan feed back atau balikan dan menyampaikan hasil belajar ke peserta didik
  4. Panitia juga dapat memberikan penghargaan pada peserta didik dengan proses belajar yang paling baik

sumber : https://www.ibadjournals.com/2020/06/panduan-mpls-masa-pandemi-covid-19-ta.html

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Pengumuman PPDB 30 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 30 June 2021

Pengumuman PPDB 29 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 29 June 2021

Pengumuman PPDB 28 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 28 June 2021

Panduan MPLS Masa Pandemi COVID-19

by: Sani Hilal, S.Kom | 06 July 2021

We are comeback

by: Sani Hilal, S.Kom | 27 June 2021

Belajar sukses dari Pa Mendikbud NADIEM MAKARIM

by: Sani Hilal, S.Kom | 05 July 2021

Era Revolusi Industri 4.0

by: Sani Hilal, S.Kom | 26 July 2021

POST TERBARU

Era Revolusi Industri 4.0

by: Sani Hilal, S.Kom | 26 July 2021

Panduan MPLS Masa Pandemi COVID-19

by: Sani Hilal, S.Kom | 06 July 2021

Belajar sukses dari Pa Mendikbud NADIEM MAKARIM

by: Sani Hilal, S.Kom | 05 July 2021

Pengumuman PPDB 30 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 30 June 2021

Pengumuman PPDB 29 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 29 June 2021

Pengumuman PPDB 28 JUNI

by: Sani Hilal, S.Kom | 28 June 2021

We are comeback

by: Sani Hilal, S.Kom | 27 June 2021