Job And Education Fair 2022, Kolaborasi Pemkot Tangsel dengan Letris Indonesia Bantu Lulusan SMK

SHARE

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan bersama Yayasan Letris Indonesia menggelar Job And Education Fair 2022 pada Rabu (18/5/2022).

Pelaksana Bidang Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan Fikri Rizky Wijaya menyampaikan, job fair ini merupakan rangkaian kegiatan yang biasa dilakukan setiap tahunnya.

"Kita biasanya menggelar job fair ini setiap tahu. Karena dua tahun belakangan ini terkendala COVID-19 maka baru saat ini dilaksanakan," kata Fikri kepada wartawan di Tangerang Selatan.

Dengan adanya kegiatan job fair dan education ini, jelas Fikri, bisa membantu para siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendapatkan pekerjaan.  

"Membantu para lulusan maupun alumni bisa mendapatkan pekerjaan. Dan ini kita lakukan untuk mengurangi angka pengangguran. Dan untuk event ini kami sangat mengapresiasi Letris untuk bisa lulusannya bisa bekerja," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemerintah Kota Tangerang Selatan selalu memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SMK. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan para siswa masuk ke dunia pekerjaan. 

"Selalu ada pelatihan kerja dan memberikan kebutuhan penunjang. Jadi ketika lulus harus siap kerja," imbuhnya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Kesehatan Letris Tri Widiarti mengatakan, dalam acara job fair dan education ini diikuti 18 Universitas swasta di Indonesia dan 18 perusahaan di berbagai bidang. 

"Kita memang bekerjasama dengan beberapa kampus dan perusahaan yang terlibat dalam job fair and education 2022 ini," jelasnya.

Dikatakan Tri, siswa SMK memiliki kelebihan dan sangat berkompeten. Pasalnya, siswa SMK dididik untuk bisa masuk ke dunia pekerjaan. Tidak seperti SMA pada umumnya.

"Jadi kita punya program magang, kunjungan industri dan uji kompetensi. Itu dilakukan untuk menunjukkan hard skill dan soft skill dari para siswa," pungkasnya.